Kamis, 11 Januari 2018

Modus Penipuan, Purnomo Sang Penipu Ulung, Hp Penipu 0853 984 88818

Belakangan marak berbagai macam modus penipuan.  Khusus bagi yang punya usaha catering, atau restoran mohon dicermati penipuan dengan modus pesan catering, nasi kotak, kue dan sebangsanya. Nampaknya pelaku adalah orang yang sama dan yang bersangkutan sangat percaya diri terbukti nomer HPnya tidak diganti. Perilaku dan cara menipunya sangat rapi sehingga orang akan terjebak. Langkah pertama dia sbb:Pertama si pelaku menggunakan bahasa yang santun dengan mengucapkan salam yg Islami dengan baik. Sehingga yang diajak bicara akan terkesan bahwa ini adalag orang yang serius dan religious.
Yang bersangkutan bilang kalau ybs berasal dari instansi pemerintah seperti Kejaksaan, kepolisian, bank mandiri dan seterusnya.
Saat melakukan penipuan, dilakukan pada hari Sabtu, Minggu atau hari-hari libur lainnya sehingga ketika calon tersangka akan hubungi kantor tersebut untuk mengkrosscek, tentu kantornya libur.
Pelaku melancarkan aksinya dengan pelan tapi cepat. Khusus untuk modus pesan makanan seperti nasi kotak, dia akan bilang mau pesan nasi kotak dengan jumlah yang fantastis. Misalnya sebanyak 500 kotak sehingga kita bisa langsung terhenyak dengan jumlah yang besar tersebut. Lalu dia menyebut menu yang diminta terus dia minta harga. Misalnya dia minta rendang, udang, ayam goreng. Terus dia  minta harga berapa.  Jika kita masih hitung maka dalam waktu yang tidak lama dia akan tanya lagi berapa harganya. Terus jika ditanya mau diantar dimana mau dikirim dia akan jawab, akan diambil ditempat. ( Pastinya dia berada diluar daerah dimana kita tinggal dan dia tidak mengenali wilayah kita. Untuk amannya dia bilang diambil ditempat)
Setelah kita kasi harga dia akan bilang mau di deposit. Dan jumlah deposit juga fantastis. Bisa lebih dari 50%. Selang 15 menit dia akan kirim SMS bukti bahwa dia sudah transfer. Tapi jika dicermati SMS banking itu boong. SMS banking selalau ada no referensinya. Yang paling aman adalah jika anda juga mengeceknya via mobile banking atau internet banking. Di bagian menu history banking akan nampak history transaksi. Jangan pernah anda mengeceknya ke ATM. Anda akan terhipnotis dan uang anda bisa lenyap. Jika memang tidak ada transaksi masuk sebesar yang penipu bilang, ya abaikan saja. Jangtan ditanggapi dari pada sakit hati. Tidak usah dikontak balik. Yang penting anda selamat.
Berikutnya jika anda menanggapi dan bilang kepada penipu bahwa deposit belum masuk dan anda tidak menyadari jika orang bersangkutan adalah penipu, maka penipu akan mengajanjurkan anda untuk pergi ke ATM. Nah disilah anda akan dikerjain. Anda akan diarahkan untuk mentransfer uang direkening anda ke rekening penipu. Bagi ibu-ibu harus waspada, karena penipu punya kelebihan untuk menghipnotis orang. Apalagi jika anda adalah orang yang polos dan jujur dan tidak pernah gaul. Artinya lugu dan tidak pernah mendengar model-model penipuan yang terjadi pada orang lain, maka anda akan termakannya.
No HP penipu tersebut yang pernah dipakai untuk menipu saya (tapi syukur saya sadar jika ini penipuan) adalah: 0853 984 88818. Tentu dia punya nomer-nomer lainnya. Tapi nomer tersebut masih aktip hingga saat ini. Penipu mengaku bernama Purnomo.
Penipuan yang  modelnya sama tapi  menggunakan tema beda adalah tema jual beli mobil, jual beli rumah dan seterusnya. Dia akan mencari iklan di koran maupun di on line lalu dia telpon atau SMS tanya harganya berapa. Lalu dia akan nego dan terjadi kesepakatan. Kemudian dia akan deposit dengan jumlah yang lumayan. Saat menawarpun dia kasi harga tawaran yang tinggi. Kemudian dia bilang sudah deposit dan anda disuruh mengecek ke ATM. Nah, ketika anda di ATM ini anda akan dieksekusi oleh penipu dari jarak jauh.  Penipuan lain adalah dengan tema seminar, sertifikasi guru atau sertifikasi dosen.
Semoga bermanfaat. Salam Budi wisata ke bali 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar